/ -->

Manfaat CTR Click Through Rate RKT dalam Digital Marketing

Konten [Tampil]
Manfaat CTR Click Through Rate RKT dalam Digital Marketing



Manfaat CTR Click Through Rate RKT dalam Digital Marketing - Pernah dengar atau baca istilah-istilah dunia marketing seperti ctr, cpc, cpm, impresi? 

Sebagian orang sudah tahu dan pernah baca istilahnya, namun apa manfaatnya sehingga di dunia internet a.k.a digital marketing begitu penting sebagai tolok ukur kesuksesan.

Kadang beberapa orang pun masih belum tahu pengertian dari ctr. Contohnya nih apa itu ctr? Ctr adalah metrik performa seringnya dilihat dan tayangannya, langsung diam dulu dan berpikiran apa ya artinya. Jadi pengin tahu informasi seputar ctr.


Pengertian CTR 

Apa itu ctr? Ctr adalah singkatan dari Click Through Rate, salah satu metrik dalam mengukur seberapa pengaruh iklan maupun konten yang dijangkau suatu optimasi iklan maupun konten. 

Dihitung dari berapa klik yang dlihat dan seberapa sering tayangannya. Di Indonesia di istilahkan dengan RKT Ratio Klik Tayang. 

Kadang dalam menentukan ctr besar atau tidak tergantung cara mengoptimalkannya. Semakin besar ctr, maka keberhasilan dalam menjalankan sebuah iklan atau campaign dianggap sebuah keberhasilan. 

Bagaimana cara menghitung ctr? untuk menghitung ctr dengan melihat metrik berapa banyak yang klik dan impresinya lalu di kali 100%.  

Rumus menghitung click through rate (ctr)
Klik/impresi*100%. 

Ketika jumlah klik ada 20, impresinya 65. Tinggal bagikan lalu kali dengan 100%. Semakin tinggi ctr semakin bagus dan sering audiens melihat dan sangat mempengaruhi strategi selanjutnya yang harus di perbaiki. 

Kalau dalam bahasa sederhananya dengan ctr bisa membantu memahami audiens. Jadi tolok ukurnya dari ctr. Dalam dunia digital marketing keberadaan ctr sangat berperan penting dalam kinerja iklan baik melalui pembayaran maupun organik. 


Manfaat dan Optimasi CTR Strategi Marketing

Awal-awal merintis blog bingung membaca tiap angka di Google Search Console. Dalam laporan performa, ada beberapa tabel yang menampilkan performa sebuah blog dalam rentang periode tertentu. 

Ternyata angka-angka yang ada di GSC buka sembarang angka melainkan ukuran seberapa bagus dan buruknya optimasi yang sudah dilakukan. 

Contohnya dalam mengoptimasi suatu artikel, bukan hanya asal menulis tapi di satu sisi ada peran optimasi Seo agar tujuan ctr meningkat perlu dibarengi dengan usaha-usaha teknikal. 

Salah satunya membidik kata kunci misalnya manfaat jualan online, tentunya dalam beberapa ke depan bisa di ukur. Semakin tinggi ctr semakin besar pula keuntungannya. 

Berikut beberapa manfaat ctr dalam dunia digital diantaranya: 

Mengetahui performa sebuah konten

Apapun channelnya tetap ctr menjadi patokan penerapan strategi dalam digital marketing. 

Ctr rendah atau ctr tinggi setiap treatmentnya juga berbeda soalnya kan segmentasi audiens, geografi dan demografi dan lain-lain. 

Saat periode akhir bulan, selalu mengecek kata kunci dengan ctr tinggi. 

Ternyata saat melihat data berasa bahagia karena klik dan impresinya gak terlalu jomplang dalam arti tidak terlalu jauh saat di jadikan ctr. 

Dengan begitu, melihat ctr nya lumayan maka langkah selanjutnya untuk mendalami kata kunci yang menjadi potensial. Semakin sering tayangan dan klik semakin besar juga ctr nya. 

Meninimalisir biaya pemasaran

Tidak dipungkiri bahwa manfaat ctr sangat meminimalisi budget biaya dalam pemasaran. Pasalnya setiap ctr mempunyai angka tertentu tergantung kata kunci yang akan dibidik. Google sangat memperhatikan tingkatan ctr. Semakin besar ctr berarti semakin baik.

Mengoptimasi pencarian organik lebih  meningkat

Itulah fungsinya Seo dalam mengoptimalkan web agar menjadi page one. Salah satu website pakar seo melakukan penelitian terhadap tingginya pengguna dalam sebuah web. 

Semakin tinggi pengguna maka semakin tinggi minat pengguna dalam web tersebut. 

Hasilnya memghasilkan peringkat di Google. Sebanding dengan naiknya ctr juga. Karena ctr bisa dipengaruhi banyaknya pengguna. 

Jumlah tayangan atau trafik lebih banyak 

Tidak dipungkuri bahwa jurus CTR tinggi berarti tingginya tayangan dan klik. Artinya iklan atau konten yang di buat dianggap cukup sukses dan bisa memberika keuntungan. 

Menghasilkan banyak konversi penjualan

Banyak trafik, klik, dan tayangan pasti tida lain konversinya untuk meningkatkan penjualan. 

Jika menbutuhkan optimasi yang bisa diandalkan dan di percaya, rekomendasi optimasi AI

Gimana nih teman Linimasaade begitu pentingnya ctr dalam dunia marketing. Adakah manfaat yang ingin ditambahkan?











10 Responses to "Manfaat CTR Click Through Rate RKT dalam Digital Marketing"

  1. Terima kasih untuk penjelasannya Mbak. Sering lihat istilah ini tapi belum begitu paham, baru sekadar rasan-rasan aja.

    ReplyDelete
  2. ilmu baru hahaaa aku gaptek soalnya, ternyata CTR tuh penting banget ya buat digital marketing

    ReplyDelete
  3. Kalau buay blog CTR ini menurut daku kudu trial and error', soalnya ada kalanya nge-pas nih sama yang daku harapkan, eh adakalanya juga lolos huhu

    ReplyDelete
  4. Penerapan strategi digital marketing akan menjadi lebih targeted kalau kita analisis berbagai indikatornya ya, salah satunya dari CTR ini memang. Oh sama satu lagi, CTR ini setahu aku berhubungan juga dengan user flow dan user experience deh. Makanya suatu web penting banget memberikan pengalaman terbaik untuk user.

    ReplyDelete
  5. Baru tau rumus ngitung CTR hehe thx infonyaaa.
    Aku masih bingung soal CTR, ini ngaruhnya hanya ke trafik atau gmn ya sebenarnya? Eh kalau klik iklan sih pastinya kita akan dapat ya? Beda dengan afliasi2 gtu. Soalnya kalau yang afiliasi2 gtu kalau gak ada yang buy kan berarti gak dapat apa2 bukan sih. Eh ini aku masih nyambung gak sih mbak malah ngomongin afliasi haha :P

    ReplyDelete
  6. Makasih bgt mba sharingnya.. Sekarang sy makin paham ttg ctr dan gak abaikan sama angka2 klo pas ketemu.. Biasanya karna gak ngerti jadi asal lewat aja dah

    ReplyDelete
  7. Ternyata CTR ini toh yang sering jadi bahan obrolan teman2ku yang anak digital advertising. Kadang tuh bingung itu cara mengukurnya gimana. Jadi jelas deh setelah baca artikel ini.

    ReplyDelete
  8. Yang bikin penasaran tuh.. kalau jumlah views sama dengan CTR kah?
    Karena biasanya lebih tinggi daripada visitor. Apakah itu berarti seseorang ketika berkunjung ke website, juga klik ke artikel lain?

    ReplyDelete
  9. jadi lebih paham dan aware dengan berbagai istilah marketing ini mba. Dan speaking of which, CTR ini salah satu yang banyak diminta or diukur yaaa

    ReplyDelete
  10. Waktu liat report di google analytics dan console, suka liat angka di CTR tapi belum begitu paham sih bagaimana implikasinya pada strategi advertising karena memang belum pernah ngiklanin content jg hehe

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^