/ -->

Jenis Asuransi Terbaik Untuk Hidup Lebih Baik

Konten [Tampil]

Jenis Asuransi Terbaik Untuk Hidup Lebih Baik



Jenis Asuransi Terbaik Untuk Hidup Lebih Baik - Asuransi merupakan proteksi dari hal-hal yang terjadi di luar kendali atau di luar rencana. Oleh karena itu, banyak orang yang menilai bahwa memiliki asuransi adalah keharusan. 

Hal ini wajar, mengingat berbagai jenis asuransi ada sebagai jaminan kenyamanan dan mampu memberikan rasa aman ketika hal yang tidak diinginkan datang. 

Belakangan ini, asuransi yang makin dilirik oleh masyarakat adalah asuransi kesehatan dan pendidikan. 

Ini terjadi karena dua hal ini, merupakan pondasi kehidupan yang penting untuk diprioritaskan. Misalnya saja, pendidikan, ini berguna agar di masa depan mampu memiliki kehidupan yang lebih baik dan siap untuk hidup bersama masyarakat. 

Jenis Asuransi Berdasarkan Kebutuhan

Setiap orang, memiliki risiko yang berbeda-beda. Sehingga ketika memilih produk asuransi maka pastikan konsultasi dengan agent dahulu untuk mendapatkan produk terbaik dan paling pas untuk sesuai kebutuhan.

Misalnya saja, si A yang belum memiliki mobil, tentu tidak akan melirik ketika diberikan masukan mengenai asuransi mobil. Demikian juga dengan si B, yang sudah memiliki banyak aset dengan lapisan pengamanan kuat, tentu lebih membutuhkan asuransi jiwa dibandingkan asuransi mobil. 

Nah, berdasarkan contoh kasus diatas, maka perlu bagi Anda untuk mengetahui apa saja macam asuransi yang ada, sehingga nantinya bisa memilih yang paling pas. Inilah beberapa pilihan jenis asuransi yang bisa Anda pilih: 


1. Asuransi Umum

Cakupan asuransi ini sebatas kompensasi atas kerugian finansial. Misalnya saja untuk asuransi perjalanan, asuransi pekerjaan, dan banyak lagi lainnya. Jadi, untuk yang potensi kehilangan jiwa, di sini tidak tercover.

Jadi, di sini Anda dapat mengamankan berbagai macam asset, seperti rumah, mobil, pabrik dan lainnya dari risiko kebakaran, perampokan dan banyak lagi lainnya. Semua proteksi ini, tergantung dari jenis asuransi dan premi yang dibayarkan. Jadi, bisa Anda pilih yang paling pas berdasarkan kebutuhan. 


2. Asuransi Kesehatan

Sesuai namanya, asuransi ini berkutat soal masalah kesehatan seseorang. Fungsinya, tentu saja untuk mengcover kebutuhan biaya dari kondisi kesehatan yang menguras banyak tabungan. Jadinya, dengan ikut asuransi jenis ini, Anda tidak perlu khawatir lagi jika sakit, dan akan mendapatkan pelayanan terbaik secara cuma-cuma, sesuai dengan kontrak kerjasamanya.


3. Asuransi Hari Tua

Perencanaan hari tua sangatlah dibutuhkan, karena jika sembarangan saja bisa jadi hari tua malah tidak tenang. Selain tubuh sudah tidak produktif, juga kemampuan berpikir dan kecakapan lain pun, sudah tidak memungkinkan lagi seperti saat muda. 

Pentingnya memilih asuransi ini adalah, ketika Anda tua, maka sudah ada jaminan kenyaman finansial. Selain itu, jika pihak yang terdaftar asuransi meninggal, pihak keluarga dapat menarik dana yang sudah dikumpulkan. Jadi, sangat bagus untuk perencanaan hari tua yang nyaman dan bahagia. 


4. Asuransi Jiwa

Ketika sumber penghasil uang meninggal, tidak jarang keluarga jadi kacau. Oleh karena itu, untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan tersebut, banyak orang yang mendaftar asuransi jiwa ini. Karena dengan asuransi ini, ketika pencari nafkah meninggal, keluarga yang ditinggalkan dapat memperoleh uang dengan jumlah besar yang mampu mengcover kebutuhan setelah ditinggal meninggal. 


5. Asuransi Pendidikan

Asuransi jenis ini berguna untuk merencanakan sumber dana bagi pendidikan anak dengan baik. Sebab, dengan perencanaan keuangan yang bagus, kebutuhan finansial untuk pendidikan anak bisa dianggarkan dan diamankan sejak awal. 

Apalagi, biaya pendidikan makin tahun makin mahal, sehingga butuh perencanaan yang baik agar anak bisa tetap lanjut sekolah. Apalagi, pendidikan merupakan hal yang sangat penting, untuk menjadi kunci keberhasilan anak di masa depan. 

Dari kelima jenis asuransi tersebut, secara pengelolaan oleh pihak ketiga atau penyedia produk, dapat dibedakan menjadi dua golongan. Yaitu, asuransi konvensional seperti yang layaknya beredar di pasaran, dan juga asuransi secara syariah. 

Perbedaan mencolok dari dua jenis asuransi ini adalah pada konsepnya yang gotong royong dan juga akad serta sistem kerjanya. Jadi, jika tidak pas dengan asuransi model konvensional, Anda tinggal beralih ke asuransi syariah

Itulah berbagai jenis asuransi yang harus Anda ketahui. Mengingat betapa pentingnya fungsi asuransi untuk proteksi Anda, maka jangan sampai tidak memiliki produk asuransi ya. Dengan begitu, kehidupan Anda bisa lebih aman dan tenang di masa mendatang. 


11 Responses to "Jenis Asuransi Terbaik Untuk Hidup Lebih Baik"

  1. Salah satu hikmah pandemi adalah berpikir kemungkinan terburuk itu kadang lebih bijak daripada mengharap yang baik-baik. Sama halnya dengan asuransi. Memiliki asuransi merupakan ikhtiar untuk menyiapkan diri dan keluarga menghadapi kemungkinan terburuk.

    ReplyDelete
  2. ada berbagai jenisnya ya mba jadi tergantung kebutuhan juga kalau mau ikutan yang mana nih asuransi yang perlu

    ReplyDelete
  3. LAgi butuh banget asuransi pendidikan, karena biaya sekolah makin lama makin gak murah juga, kan? Jangan sampai anak jadi putus sekolah/kuliah gara2 ortunya gak cermat dalam urusan finansial.
    Makasih banyak infonya.

    ReplyDelete
  4. Aku baru punya asuransi kesehatan saja nih..itupun krn dicover kantor, hihi.. Thx infonya mba..mau ngulik lbh jauh lagi aah..

    ReplyDelete
  5. Kalo dulu saya taunya asuransi itu ya asuransi jiwa aja. Tapi sekaranh mulai berkembang dan banyak jenisnya ya, tinggal menyesuaikan aja dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.

    ReplyDelete
  6. Jaman now, asuransi pun makin banyak pilihannya ya.
    Tinggal disesuaikan dengan kemampuan kita.
    Hidup pun bisa menua dengan tenang, karena ada sedikit hal yang bisa ditinggalkan untuk anak cucu.
    InshaAllah aamiin

    ReplyDelete
  7. Kalau di Indonesia sih orang-orang masih banyak yang belum paham benar mengenai pentingnya memiliki asuransi. Paling banter ya, asuransi kesehatanlah yang dimiliki.

    Alasannya karena premi yabg harus dibayarkan. Dinilai menambah pengeluaran bulanan.

    ReplyDelete
  8. Wahhh ak belum mendaftarkan diri untuk membuat asuransi seperti ini, padahal usia sudah kepala 2.. Mungkin akhir tahun nanti ingin coba memulainya deh.

    ReplyDelete
  9. Saya belum terlalu paham tentang asuransi ini, pernah beberapa kali ikut asuransi pendidikan di bank tapi katanya ada yang bilang malah rugi, akhirnya sekarang nabung emas, hehehe. Kayanya perlu baca-baca lagi deh ya

    ReplyDelete
  10. Kalau menurutku asuransi kesehatan sama dana pensiun sih yang penting banget buat disiapkan soalnya kalau sakit itu kadang biayanya tak terduga

    ReplyDelete
  11. Saya setuju banget kalau asuransi itu sangat penting. Buat pribadi asuransi kesehatan dan asuransi hari tua kalau tidak ada jaminan pensiun dari kantor. Asuransi kesehatan lumayan banget untuk supplementary BPJS. Tapi memang harus pintar-pintar pilih asuransi ya kita, lihat track record dan laporannya, jangan sampai saat butuh malah ngga bisa dicairkan hehe.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^

involve-