/ -->

Top 11 Search Engine Yang Terkenal di Dunia, Nomor Berapa Yang Banyak Menghasilkan?

Konten [Tampil]

Top 11 Search Engine Yang Terkenal di Dunia, Nomor Berapa Yang Banyak Menghasilkan?


Top 11 Search engine Terbaik didunia? Selain Google dan Bing ada mesin telusur lain yang mungkin tidak begitu terkenal tetapi masih melayani jutaan permintaan pencarian per hari. Mungkin tidak asing dengan google maupun bing ya kawan. 

Sebelum membahas search engine terbaik saat ini. Alangkah lebih baik kita mengetahui apa itu search engineSearch Engine adalah mesin pencari aplikasi yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet. sedangkan menurut wikipedia search engine adalah Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris: web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.

Mungkin banyak orang yang terkejut dan menyangka bahwa google adalah salah satunya search engine di dunia saat ini. Bukan hanya google yang menjadi search engine, Bahkan, ada beberapa mesin telusur yang ingin mengambil takhta Google tetapi tidak ada siap (belum) untuk bahkan menimbulkan ancaman

Namun demikian, ada mesin pencari yang layak dipertimbangkan dan peringkat ke-11 yang disajikan di bawah ini. Siapa saja dan bagaimana keunggulannya bisa menyamai google? Yuk check this out!.

[Update 2019] : Daftar Top 11  Search Engine Paling Populer di Dunia

1. Google

Google adalah sebuah mesin pencari terbesar dan terbaik pada saat ini. Google merupakan sebuah perusahaan besar amerika yang menyediakan produk dan jasa seputar internet. Google didirikan pada tahun 1998 tepatnya pada tanggal 4 september 1998, Google didirikan oleh mahasiswa asal Universitas Standford Amerika. Siapa yang membuat/menemukan Google? Tidak lain adalah Larry page dan Sergey Brinselaku Founder dan Co Founder Google Saat ini. saat masih mahasiswa Ph.D. di Unversitas Standford,Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998.

Layanan disediakan oleh Google LLC (“Google”), yang berlokasi di 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, Amerika Serikat. Dengan menggunakan Layanan kami, berarti Anda menyetujui persyaratan ini. Bacalah dengan saksama. 

Mesin Pencari yang paling banyak pengguna dan terbesar di dunia meraih tempat pertama dari search engine yang lainnya. Google mendapatkan 68% yang cukup fantastis yang disusul kedua oleh Bing
Menurut survei terbaru januari 2018 dari netmarketshareSearch engine yang paling mendominasi yaitu Google dan Bing sekitar 74,52%, sedangkan yang lainnya  hanya mendapatkan 7,98%. 

FYI, Larry Page dan Sergey Brin selaku Co-Founder Google memutuskan untuk mundur dari perusahaan Alphabet.Inc yang merupakan perusahaan induk Google. Larry page dan Sergey Brin menyerahkan kendali perusahaan kepada Sundar Pichai selaku CEO Google. 

2. Bing 

Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai "mesin pengambil keputusan/decision engine") yang bernaung di bawah bendera Microsoft (wikipedia)

Bing adalah sebuah mesin telusur yang naungi oleh Microsoft. Bing  berusaha untuk menantang Google di area pencarian/ search engine, tetapi meskipun upaya mereka tetap tidak berhasil meyakinkan pengguna bahwa mereka mesin pencari dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada Google.
Yahoo! Inc. (NASDAQ: YHOO) adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.
Perusahaan ini terkenal karena portal Sejak Oktober 2011. Yahoo masih penyedia email yang paling populer dan menurut laporan memegang tempat keempat dalam pencarian. webnya, serta mesin.


4. Ask.com

Ask.com merupakan salah satu mesin pencari ( search engine )  setelah Google dan Bing. Ask.com didirikan pada tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen. Ask.com sebelumnya dikenal dengan nama Ask Jeeves, Jeeves adalah nama dari seorang pelayan yang tugasnya mengambilkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan, oleh sebab itu Ask.com dapat diartikan menjadi mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya.

Ask.com menerima sekitar 0,05% dari pangsa pencarian. ASK didasarkan pada format pertanyaan/jawaban yang mana sebagian besar pertanyaan yang dijawab oleh pengguna lain atau dalam bentuk jajak pendapat.ask.com ini memliki fungsi pencarian umum yang sama dengan yang lainnya, tetapi hasil pencariannya ini mengakibatkan  kurangnya kualitas dibandingkan dengan Google atau bahkan Bing dan Yahoo

5. AOL.com

AOL Inc (sebelumnya dikenal sebagai America Online, ditulis sebagai AOL dan ditata sebagai Aol.) AOL.com Adalah sebuah perusahaan media massa multinasional Amerika yang berbasis di New York City yang berkembang, tumbuh, dan berinvestasi dalam merek dan situs web. Bisnis perusahaan meliputi distribusi digital konten, produk, dan jasa, yang menawarkan kepada konsumen, penerbit, dan pengiklan.(wikipedia)

Menurut netmarketshare AOL terkenal waktu yang lama  masih di atas 10 search engine dengan pangsa pasar yang dekat dengan 0,04%. AOL jaringan mencakup banyak situs web populer seperti engadget.com, techchrunch.com dan yang huffingtonpost.

6.Baidu

Baidu adalah sebuah perusahaan yang bekerja dibidang layanan web yang berkantor di Cina. Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk di antaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedia yang dibangun secara kolaboratif. Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke Cina. Baidu adalah mesin pencari paling populer di Cina. Menurut Wikipedia, Pangsa pasar yang terus meningkat , Baidu melayani miliaran kueri penelusuran per bulan. Baidu  saat ini menempati peringkat di posisi 4, di Alexa Rankings

7. Wolframalpha

Wolfram|Alpha (atau biasa juga ditulis WolframAlpha. Wolfram Alpha adalah mesin penjawab yang dikembangkan oleh Wolfram Research. Merupakan layanan daring yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara faktual dengan menghitung jawaban secara terstruktur. Wolfram Alpha memanfaatkan basis data terstruktur yang dimilikinya dan kemudian diolah dengan peranti lunak. Bila mesin pencari lain hanya dapat menampilkan informasi yang tersedia bebas di web, Wolfram Alpha memanfaatkan kumpulan data yang sudah dilisensi dan dinilai para pakar serta informasi luring. Wolfram Alpha dirilis ke publik pada 15 Mei 2009 oleh Stephen Wolfram. (wikipedia)

WolframAlpha berbeda dari yang lain dari berbagai mesin pencarian. mereka menargetkan pasar sebagai mesin pengetahuan komputasi yang dapat memberikan fakta dan data untuk sejumlah topik. Hal ini dapat melakukan segala macam perhitungan, misalnya jika kalian memasukkan "Donald Trump" maka kalian akan Membantu membuat passwmendaptkan informasi yang lebih rinic. seprti halnya wikipedia dengan menjelaskan nama, tanggal lahir, pokoknya dijelaskan secara rinci.

8. DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah sebuah mesin pencari internet yang menggunakan informasi dari berbagai sumber, seperti website crowdsourced seperti Wikipedia dan dari kemitraan dengan mesin pencari lain seperti Yandex, Yahoo, Bing dan WolframAlpha untuk mendapatkan hasilnya. Kebijakan mesin pencari mengatakan bahwa itu melindungi privasi, dan tidak merekam informasi pengguna
Menurut kaskus, ada 8 kelebihan DucDuckGo diantaranya:

  • Melihat biodata social media
  • Pencarian App Store Sebagai alternatif
  • Bisa Memendekan atau memanjangkan URL
  • Membantu membuat password
  • Fitur stopwatch
  • Cek ketika website down
  • Memliki Fitur kalender
  • Ada fitur untuk develover/ pengembang
Memiliki sejumlah keunggulan pencari lainnya. Memiliki antarmuka yang bersih, tidak melacak pengguna, tidak terisi penuh dengan iklan dan memiliki sejumlah fitur yang sangat bagus (hanya satu halaman hasil, Anda dapat mencari langsung situs web lain, dll).

Saya yakin bahwa beberapa fitur dari duckduckgo akan digunakan oleh mesin telusur lain dan dengan beberapa dana ducduckgo yang tepat bisa layak  ntuk pangsa pasar dalam layanan search engine.

9. Internet Archive

Internet Archive adalah sebuah perpustakaan digital nirlaba yang memiliki misi "akses universal untuk semua pengetahuan." Internet Archive menyediakan penyimpanan permanen dan akses publik bebas untuk koleksi bahan digital, termasuk situs web, musik, gambar bergerak, dan hampir tiga juta buku domain publik. Pada Oktober 2012, koleksinya mencapai 10 petabita.[4][5] Selain fungsi pengarsipannya, Internet Archive juga adalah sebuah organisasi aktivis, advokasi untuk internet yang bebas dan terbuka

Archive.org adalah mesin telusur internet archive . kalian dapat menggunakannya untuk mengetahui bagaimana situs web terlihat sejak tahun 1996. internet archive adalah alat yang sangat berguna jika kalian ingin melacak sejarah domain dan memeriksa bagaimana ia telah berubah selama bertahun-tahun.

10. Yandex.ru


Menurut Alexa, mesin pencari Yandex.ru adalah di antara 30 situs paling populer di Internet dengan posisi peringkat 4 di Rusia.

Yandex hadir sebagai sebuah perusahaan teknologi yang membangun cerdas produk dan jasa yang didukung oleh mesin belajar. Menurut Wikipedia, Yandex mengoperasikan mesin telusur terbesar di Rusia dengan sekitar 65% pangsa pasar di negara itu.

11. Norton Safe Web

Norton safe web adalah layanan yang dikembangkan oleh Symantec Corporation yang dirancang untuk membantu pengguna mengidentifikasi situs web berbahaya. Web aman memberikan informasi tentang situs web yang didasarkan pada analisis otomatis dan umpan balik pengguna.

Perangkat lunak debutnya sebagai beta publik pada tahun 2008, dan sekarang termasuk dalam versi Norton Internet keamanan dan Norton 360. Versi standalone terbatas, Web aman, dikenal sebagai aman Web Lite, tersedia sebagai freeware. Web aman beroperasi sebagai sebuah plugin browser web, dan memerlukan Internet Explorer 6 atau Firefox 3 atau nanti. Pelepasan 2012 aman Web Lite ditambahkan dukungan Google Chrome. jka ingin memverifikasi blog menggunakan norton safe web, kalian perlu mendaftarnya terlbeih dahulu.

itulah Update dari 11 search engine paling terkenal di dunia, paling terbaik di dunia, Paling populer di dunia versi Linimasaade. semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika kalian ingin Linimasaade membahas yang lainnya.


18 Responses to "Top 11 Search Engine Yang Terkenal di Dunia, Nomor Berapa Yang Banyak Menghasilkan?"

  1. Saya cuma tau yang peringkat 3 teratas. Pernah cobain Duck Duck Go, tetapi cuma sekali. Abis itu lupa. Udah kebiasaan pakai Google :D

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu kalau ternyata mesin pencari itu banyak ya, selain google sih aku pernah gunakan baidu juga yahoo

    ReplyDelete
  3. Dari 11 top search engine di atas, saya hanya tau 4 mesin pencari. Yang peringkat 4 teratas saja. Yang lainnya masih kurang familiar bagi saya. Dan memang yang paling sering saya pakai yang peringkat teratas.

    ReplyDelete
  4. Ponsel Andromax Prime saya pakai Bing, itu otomatis ada saja dan saya tidak tahu kapan adanya soalnya jarang pakai ponsel suami.Kalau di ponsel Andromax B dan komputer saya biasa pakai Google.
    Dulu zaman masih kerja di Bandung pada tahun 2002-2005 saya pakai Yahoo juga tak masalah. Sajian datanya lengkap.
    Kalau di Korea pakai mesin pencari apa, ya?

    ReplyDelete
  5. ada banyak ya ternyata search engine selain google, selama ini saya pakainya google aja :D eh pernah juga cobain baidu

    ReplyDelete
  6. Dari sekian banyak itu, hanya google dan yahoo yang saya pakai. Hehehe ... kecanggihan teknologi emang bikin kita manusia banyak dibantu ya... Apa-apa tinggal nyari di sana

    ReplyDelete
  7. Familiarnya sih pakai Google. Kalau pake Bing penampilannya agak lain malah jadi keder aku. Cemen ya hahaa

    ReplyDelete
  8. Dari daftar itu, aku familiarnya google, yahoo, dan bing. Tapi sempet tahu lainnya pas daftarin blog supaya terindeks mesin2 pencari, hehe. Memang tingkat kepercayaan public masi Google number 1 ya mbak

    ReplyDelete
  9. Aku lebih sering makai Google sih mbak. Eh Yahoo tu masih bisa ya?
    Soalnya biasanya kalau buka browser udah otomatis gtu diarahkan ke Google :D

    ReplyDelete
  10. Nomor 1 dong. Google is de best. Hehe, eh tapi selama ini saya cuma sering pake google doang. Search engine yang lainnya belum pernah coba kecuali yahoo itupun jarang.

    ReplyDelete
  11. Sudah kebiasaan google jadi kalau pakai yang lain teh asa kararagok hehe..banyak yang ga familiar juga nih :D

    ReplyDelete
  12. kalau di korea byk oerusahaan seacrh engine gini soalnya mereka ga pakai google kan klo gasalah

    nggak kayak indo, udah pasti google menduduki puncah TOP number 1, haha

    ReplyDelete
  13. Waduh, dari nomor 7 ke bawah, aku gak tahu. Duh, kudet banget ya. Nanti mau nyobain aaaah...

    ReplyDelete
  14. Wah aku enggak tahu DuckDuck Go lho mbak, namanya lucu banget hehe. Tapi memang Google masih no.1 ya, kalau searching aku selalu pakai ini.

    ReplyDelete
  15. Paling sering pakai memang yang nomor 1 ya Mbaaaa; Google. Hihihi, paling nyaman ku rasa.... SEO blog saya pun lebih difokuskan ke google.

    ReplyDelete
  16. oalah baru tahu duckduckgo selalu ada di source traffic blog aku mba selama ini ya tahunya google dan bing hahaha

    ReplyDelete
  17. Aku sering pakai google mba. Yanglain jarang pakai tapi asyik juga jika dimaksimalkan :)

    ReplyDelete
  18. Saya sering pake google, Mba. Untuk yang lain jarang bahkan hampir gak pernah 😁

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih


data-full-width-responsive="true">