/ -->

Sejarah Perkembangan Munculnya Blog LENGKAP

Konten [Tampil]
Sejarah  Perkembangan Munculnya Blog LENGKAP



Sejarah Munculnya Blog - Awal mulainya, Blog diciptakan oleh Pyra Labs dengan platform Blogger.com, sebelum akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Sejak diluncurkannya Blogger, akhirnya mulai bermunculan platform lain yang mengenalkan produk-produk dari masing-masing perusahaannya untuk bersaing dengan platform blogger.com milik PyraLab seperti WordPress.org, Drupal, Tumblr, Joomla, dan lain sebagainya.

Semakin banyaknya platform baru untuk membuat blog, hingga saat ini, pengembangan  blog terus ditingkatkan hingga mempunyai fungsi yang lebih komplit serta powerfull. Saat ini, plafform blog terbaik yang paling banyak digunakan adalah Wordpress dan Blogger. Selain mudah digunakan, kedua platform ini sangat baik dan bagus dari segi performa baik itu dari segi optimasi blog hingga mudah untuk mencapai posisi halaman satu di blog. 

Blogger dan Wordpress hingga saat ini menjadi rival. Seperti yang kita ketahui, bahwa Wordpress mengeluarkan fitur-fitur yang dapat memudahkan user seperti fitur SEO friendly, plugin, Custom Taxonomy untuk mengoptimasi blog sehingga bisa bersaing di halaman satu Google. 

Wordpress menganut sistem dengan konsep Content Management System atau yang lebih dikenal dengan CMS, membuat para blogger lebih memilih Wordpress dibandingkan Blogger rivalnya. Selain mudah dalam penggunaan, wordpress juga dapat mendukung optimasi SEO.

Perlu diakui, Wordpress memang unggul dengan adanya wordpress self hosting kita bisa membuat sebuah blog dengan mudah. berbeda dengan blogger yang lebih mengutamakan konsep yang mudah meskipun gratis. Meskipun Blogger gratis, tapi setidaknya tidak harus menginstall plugin-plugin seperti di Wordpress.


Setiap platform pasti mempunyai kelebihan serta kekurangan dari masing0masing produk. Baik itu Wordpress maupun Blogger. Untuk masalah optimasi tergantung pemilik blog itu sendiri. Jika pemilik blog mampu menguasai ilmu dasar SEO (optimasi mesin pencari)pasti akan mencapai posisi halaman 1 Google meskipun memakai Blogger yang gratis. 

Itulah Sejarah Blog hingga keunggulan wordpress dan blogger paling dasar. insha Allah besok membahsa jenis-jenis blog terima kasih.

27 Responses to "Sejarah Perkembangan Munculnya Blog LENGKAP"

  1. Awal ngeblog aku pakai wordpress dulu, tapi sejak tahun 2010 ganti ke blogspot akhirnya, masing 2 memang punya keunggulannya sendiri

    ReplyDelete
  2. Dulu pakai blogspot mba, baru sekarang udah 2 tahun pakai wordpress. Duanya2 sih asik tergantung kebutuhannya.

    ReplyDelete
  3. saya awal ngeblog di blogdetik, terus kemudian pindah di blogspot sampe sekarang :)

    ReplyDelete
  4. sekarang saya mengelola dua blog (awalnya 3, 1nya di blogdetik tapi sudah kuhapus) dan dua-duanya di blogspot. Kenapa pilih blogspot? karena lebih gampang aja sih menurutku :)

    ReplyDelete
  5. awal ngeblog saya udah pake blogspot, dan udah jatuh cinta banget dan gak mau mencoba yang lain hehehe..

    ReplyDelete
  6. Saya pernah pake wordpress, tp skrg yg di update tulisan2 yg di blogspot. Dua2nya punya kelebihannya masing2 ya mba. Jadi tau sejarah blog. Tahun 2002 masih SMP. Seneng deh dengan adanya blog banyak manfaat buat saya. Salam kenal ya mba.

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat dulu awal-awal ngeblog informasi kayak gini selalu kucari. :D Btw, aku suka dua2nya lah, ya. Soalnya pakai blogspot dan wp juga. :D

    ReplyDelete
  8. Udah lama punya blog tapi baru tahu sejarahnya setelah baca postingan ini. Duh. Btw saya juga betah ngebloh di blpgspot meski punya akun bloh juga di WP. Ya keduanya memang punya kekurangan dan kelebihan masing2.

    ReplyDelete
  9. Aku karena pertama kenal blogspot jadi merasa nyaman dg ini. Tapi akhirnya punya wordpres juga tapi jarang diisi. Gak tau ya kalau nanti tiba2 mau ngurus si wordpress

    ReplyDelete
  10. Pas jaman-jaman kuliah Ujame pakenya blogspot, tapi sekarang jadi berpindah ke wordpress. Emang tergantung kebutuhan sih ya, bund. Dan masing-masing ada kelebihan & kekurangannya hehehe

    ReplyDelete
  11. Sejak awal ngeblog pakai WP, jadi gak mudeng Blogspot..hehe.. menurutku, apapun yg dipilih masing2 punya kelebihan dan kekurangan..nikmati saja yg paling nyaman..hehe..

    ReplyDelete
  12. SEjak awal bikin blog, pakainya blogspot. Trus tahun kemarin punya blog lagi dengan platform WP, tapi yang mengelola anak sulungku. Aku bagian ngisi konten aja, gak paham kalo oprek plugin dll nya

    ReplyDelete
  13. Aku udah lumayaan lama sebenernya ngeblog tapi baru serius 2013 a 2014.. kalau inget jaman dulu seruuuu ya..sekarang juga masih sih

    ReplyDelete
  14. Berarti ketika saya mulai ngeblog, usia blog itu sendiri baru 5 tahun. Masih balita saat itu :D

    ReplyDelete
  15. Aku pakai Blogger dari awal kepengen belajar nge-blog. Nggak tau kenapa, rasa2nya lebih mudah aja untuk pemula. Pernah pakai wordpress juga, tapi karena gak familiar jadinya ya masih lebih nyaman pakai Blogger.

    ReplyDelete
  16. Yap, ku suka Wp,banyak mainannya. Blogspot Ibarat motor matic dan Wp ibarat motor gigi, ahh dua2nya seruu buatku dua2nya..

    ReplyDelete
  17. Punya blog di Blogger dan Wordpress. Di antara kedua platform sih aku lebih suka wordpress. Lebih friendly menurutku. Soalnya kalau pakai dr Blogger kdg masih bingung pengaturannya terutama kalau mo utak atik tempelate. Tp buat yg suka koding sih kyknya bnykan lebih suka Blogger krn lebih bebas.

    ReplyDelete
  18. Awal ngeblog pakai wordpress karena lebih enak buat diutak atik, setaun belakangan ini nyoba bikin di blogspot juga. Akhirnya sekarang pake dua2nya deh :)

    ReplyDelete
  19. Mulai ngeblog diblogspot tahun 2011 jadi kangen awal2 ngeblog dulu. Cupu banget isinya curhat hahahaha

    ReplyDelete
  20. Dulu awal mula ngeblog malah di wordpress. Tapi berhubung keterbatasan dana, akhirnya sekarang oper semua ke blogger hihiiii... yang penting happy aja sih ngeblognya.

    ReplyDelete
  21. Ah baca ini aku jadi flashback ke masa masa awal kenal blog hehe seru jaman masih alay isi blog curhat semua

    ReplyDelete
  22. Akuuu ngeblog dibuatin Sahabat ku ehhehe. Belum tertarik sampe akhirnya terjun juga. Seneng dan bangga bisa berkecimpung di dunia blogger

    ReplyDelete
  23. Aku baru tau sejarah blog hehe soale waktu bikin blog ya bikin aja liat tutorial di google. Waktu awal blog ya pakai gratisan dan itu juga curhat2 ga jelas tapi setelah mengenal komunitas baru deh isinya iklan2 hehe.

    ReplyDelete
  24. Dinanti kak...lanjutannya.
    Suka gak bisa milih antara wordpress sama blogspot.
    Keduanya keren dan yang paling penting adalah masalah kebiasaan.

    Biasa make yang mana?

    ReplyDelete
  25. Ish jadi malu, blogger ngga tau sejarah blog.. terima kasih mba.. aku jadi paham dan tahu sejarah tentang dunia blog dan ternyata sejarahnya lumayan panjang dan jadi tambah menghargai blog sendiri dan terus mengupgrade blog supaya lebih baik setiap harinya

    ReplyDelete
  26. Aku dulu pertama kali ngeblog di MP lalu aku pindahkan ke wordpress gak pernah kepikiran akan jd self hosted. Cuma dulu mikirnya krn banyak teman MP pindah ke wordpress jadinya ikutan hehe

    ReplyDelete
  27. Waah baru ngeeeh nih tentang perbedaan worpredd dan Blogger, dlu suka pake Blogger tp skrg pindah ke WordPress, suka dgn template nya 😁

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^