/ -->

Fenomana Prokrastinasi Dalam Kehidupan Apa Saja Pengaruhnya?

Konten [Tampil]
Fenomana Prokrastinasi Dalam Kehidupan Apa Saja Pengaruhnya



Fenomana Prokrastinasi Dalam Kehidupan Apa Saja Pengaruhnya? - Menunda-nunda suatu pekerjan ada istilahnya lho yaitu prokrastinasi. Prokrastinasi adalah kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan atau tugas yang seharusnya diselesaikan. 

Fenomena ini sering kali muncul dalam berbagai bidang, baik itu akademik, profesional, maupun personal. Prokrastinasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya motivasi, rasa takut gagal, atau bahkan kebiasaan buruk yang sulit diubah. Emang kebiasaan menunda-nunda udah melekat hampir disemua orang tanpa terkecuali.

Intip Kelebihan dan Kekurangan Prokrastinasi


Kelebihan:

Waktu untuk Berpikir Lebih Lama: Kadang, menunda tugas bisa memberikan waktu ekstra untuk berpikir dan merencanakan. Hal ini bisa menghasilkan solusi yang lebih baik dan matang.

Pengurangan Stres: Menunda tugas kadang memberi jeda sejenak dari tekanan dan stres, sehingga bisa mengurangi rasa cemas sementara.

Kekurangan:

Penurunan Kualitas Kerja: Prokrastinasi sering mengakibatkan pekerjaan dilakukan dengan terburu-buru sehingga kualitasnya menurun.

Meningkatnya Stres: Menunda pekerjaan hingga mendekati deadline justru bisa meningkatkan stres dan kecemasan.

Hilangnya Kesempatan: Prokrastinasi bisa menyebabkan hilangnya peluang penting, baik di dunia kerja maupun dalam kehidupan pribadi.

Penurunan Produktivitas: Kebiasaan menunda pekerjaan dapat mengurangi produktivitas secara keseluruhan.

Dr. Piers Steel, seorang profesor di bidang manajemen dan psikologi di University of Calgary, menjelaskan bahwa prokrastinasi adalah bentuk penghindaran yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan antara motivasi dan tugas yang harus diselesaikan. 

Menurut profesor Steel salah satu cara untuk mengatasi prokrastinasi adalah dengan mengatur tujuan yang lebih spesifik dan realistis serta membagi tugas besar menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dikelola. Selain itu menurut Dr. Timothy Pychyl, seorang profesor psikologi di Carleton University menyarankan untuk fokus pada langkah pertama dalam mengerjakan tugas. Pychyl menekankan pentingnya membangun kebiasaan produktif dan menghindari godaan yang bisa mengalihkan perhatian.

Tips Mudah Menghindari Prokrastinasi

Kenapa harus dibuat tips? Biar menghindari istilahnya itu meminimalisir teejadinya menunda pekerjaan agar tidak menumpuk. 

1. Membuat jadwal yang jelas dan menetapkan prioritas dapat membantu  teman Linimasaade tetap fokus dan menghindari penundaan.

2. Teknik Podomoro melibatkan bekerja selama 25 menit diikuti dengan istirahat singkat 5 menit, yang bisa meningkatkan fokus dan produktivitas.

3. Memecah tugas besar menjadi bagian kecil dan menetapkan tujuan yang realistis dapat membuat tugas terasa lebih mudah dan lebih bisa dikelola. Bisa lho ya buat to do list agar bisa menjaga fokus dalam mengerjakan tugas jadi bisa terselesaikan semuanya.

4. Matikan notifikasi pada ponsel dan ciptakan lingkungan kerja yang kondusif untuk meningkatkan konsentrasi. Buang semua gangguan yang membuat distraksi. 

5.  Setelah menyelesaikan tugas, berikan self reward pada diri sendiri. Kalau poin ini tips paling disenangi semuanya dong ya teman Linimasaade.

Bukan hanya menjaga dari segi mental, tetapi dari segi konsumsi juga perlu diperhatikan kenapa prokrastinasi bisa terjadi. 

Ternyata dari sisi makanan bisa juga membantu lho. Mengonsumsi makanan yang tepat juga dapat membantu meningkatkan energi dan fokus, sehingga mengurangi kecenderungan untuk menunda pekerjaan. Beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan produktivitas yaitu: 

1. Makanlah buah-buahan seperti apel, pisang, dan jeruk yang kaya akan vitamin dan dapat memberikan energi instan.
2. Kacang-kacangan seperti Almond, kacang brazil, dan kacang mete kaya akan protein dan lemak sehat yang baik untuk otak.
3. Ikan berlemak seperti salmon dan tuna yang mengandung omega-3 dan baik untuk fungsi otak. Kalau lele bolehlah hehe apalagi pecel lele kan? 
4. Siapa yang suka coklat? Ternyata coklat hitam mengandung kafein dan antioksidan yang dapat meningkatkan konsentrasi. 
5. Minuman paling favorit teh hijau mengandung kafein dalam jumlah sedang dan asam amino L-theanine yang dapat meningkatkan kewaspadaan mental.

Prokrastinasi adalah tantangan yang dihadapi banyak orang di berbagai bidang. Meskipun menunda pekerjaan kadang memberikan manfaat jangka pendek, dampak negatif jangka panjangnya lebih signifikan. Dengan mengetahui penyebab dan mengadopsi strategi yang tepat untuk memangkasnya, prokrastinasi dapat diatasi. 

Menetapkan tujuan yang jelas, mengatur jadwal dengan baik, dan menjaga pola makan sehat merupaka beberapa langkah yang dapat kita ikhtiarkan untuk meningkatkan produktivitas dan menghindari kebiasaan menunda pekerjaan. Tetap semangat ya teman Linimasaade.

The secret of getting ahead is getting started. – Mark Twain
You may delay, but time will not. – Benjamin Franklin
Do not wait to strike till the iron is hot, but make it hot by striking. – William Butler Yeats


9 Responses to "Fenomana Prokrastinasi Dalam Kehidupan Apa Saja Pengaruhnya?"

  1. Saya berpengalaman juga nih soal procastination sampai bikin suami kesal 😅 Cara terbaik menguranginya, dengan menulis apa yang harus dikerjakan (biasanya memang dalam bentuk task yang kecil), nulis deadlinenya kapan, dan kerjakan secepatnya sebelum ditagih 😂

    ReplyDelete
  2. Saya melakukan prokrastinasi pada kerjaan kantor saya hari ini. Penyebabnya, saya kebingungan melakukan skala prioritas. Skala prioritas saya tidak sama dengan skala prioritas boss saya. Akibatnya saya merasa prokrastinasi terhadap kerjaan jauh lebih mudah daripada membuat skala prioritas yang pada akhirnya tidak terpakai.

    ReplyDelete
  3. Prokrastinasi ini memang nyata adanya dan sering terjadi di dunia bekerja maupun di dunia siswa atau mahasiswa yang sedang belajar, jadinya banyak orang keteteran dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban yang selama ini dibebankan padanya Itulah kenapa harus dicari solusi seperti dalam urusan ini supaya tidak berkelanjutan dan menjadi kebiasaan yang membahayakan dalam karir maupun studinya.

    ReplyDelete
  4. Yang berbahaya dari ketidakmampuan menjaga ritme kerja ini adalah ketika kita sudah berada di zona nyaman saat prokrastinasi. Kita jadi terlena, dan jadi tidak berkeinginan menekan diri untuk lebih berusaha lagi

    ReplyDelete
  5. saya termasuk yang sering prokastinasi saat menjelang deadline apa pun. Mungkin karena saat menjelang deadline mendadak ada pekerjaan lain yang juga harus dikerjakan, sehingga akhirnya malah memilih mengerjakan hal lain yang gak ada sangkut pautnya dengan deadline, cuci piring atau cabut rumput di kebon misalnya.

    Makanya sudah harus menetapkan skala prioritas bagian mana dulu yang harus dikerjakan sehingga tidak sering-sering melakukan prokrastinasi

    ReplyDelete
  6. Akhir-akhir ini saya lagi mengalami prokastinasi. Lagi malas dan pelru berpikir lama tentang kerjaan. Akhirnya ada beberapa tertunda dan stres kian meningkat. Kudu dihindari dan buat jadwal lengkap nih, biar gak kepanjangan prokastinasinya.

    ReplyDelete
  7. saya kayaknya termasuk yang suka menunda pekerjaan nih dan sebenarnya menurutku kurang baik sih ya untuk produktivitas apalagi kalau terlalu mepet jadinya malah nggak maksimal pekerjaan

    ReplyDelete
  8. Suka banget sama bahasannya mengenai prokrastinasi.
    Dan kadang yaa, mengalahkan diri sendiri ini jauuh lebih berat. Kaya memang menjadi sebuah kebiasaan yang uda pasti jawabannya.

    ReplyDelete
  9. oo, baru tau aku istilah prokrastinasi, hihi.. ini tuh kok aku banget ya haha.. duh relate banget tulisannya xD

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^