/ -->

Panduan Kilat Memulai dan Membuat Podcast Gratis Lengkap

Konten [Tampil]



Linimasaade.com - Panduan Membuat Podcast Gratis Lengkap
- Beberapa hari kebelakang tepatnya saya sudah menyelesaikan kelas Podcast Siberkreasi Batch 2 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kominfo). 

Acaranya seru banget mulai perkenalan mentor Podcast, materi dasar hingga Puncak acara kelas Podcast tentunya. Tentunya pengalaman yang sangat berharga juga karena dsri ribuan peserta hanya beberapa ratus aja yang sampai tuntas mengikuti kelas. 

Apa itu Podcast

Podcast? Podcast itu apaan? Podcast adalah sebuah file rekaman audio yang diunggah di internet secara berkala bisa didengar dan dilanggani dengan format dan durasi tertentu. 

Pada tahun 2005 podcast diperkenalkan oleh Steve Jobs yang merupakan fitur di ITunes. Hampir 70% orang tahu tahu apa itu podcast dan 80% diantaranya pernah dengar podcast dalam 6 bulan tahun terakhir. 

Saya memulai Podcast pada tahun 2019, tepatnya membuat Podcast komunitas, lalu membuat podcast personal dengan nama Linimasaade Podcast

Seru sekali ternyata. Meskipun pertama kali agak canggung dan harus lebih berlatih lagi karena membuat konten podcast bukan hanya sekadar membuat konten tapi ada seninya seperti artikulasi, intonasi, pelafalan huruf yang lebih penting lagi membaca untuk telinga.

Lalu bagaimana cara memulai dan bagaimana cara membuat podcast sampai publikasi?

Sebelum  memulai dan membuat podcast yang saya lakukan adalah memilih genre apa yang akan dibuat. 

Menurut survei podcast terbaru dsri Edison Research ada 15 genre Podcast yang paling populer diantaranya komedi, berita, sosial budaya, kriminalitas, seni, bisnis, agama dan spritualitas, film dan televisi, sains, kesehatan dan olahraga, sejarah, hiburan, hobi, pendidikan dan teknologi. 

Kamu sudah memutuskan genre apa yang akan dijadikan podcast? Kalau sudah mari ke materi selanjutnya. Pilih genre tentunya nama Podcastnya juga dong heheh. Nah, kalau di materi Podcast siberkreasi harus ada nilai tambah personal branding.

Jika sudah memutuskan genre, kamu juga harus memilih podcastnya mau solo (satu orang), multi host (co-host), atau semacam talk show? Kalau talk show biasa yah sepeti wawancara seseorang untuk menjadi bintang tamu di acara podcast. 

Struktur  Podcast Podcast

Menurut Daily Social tahun 2018, durasi idel sebuah podcast jika di presentasekan. Dibawah 10 menit sekitar 11,44% orang mendengarkan podcast, 10-20 menit mendapatkan 37,21%, durasi 20-30 menit sekitar 31,34% dan diatas. Kamu pilih yang mana nih? Tentunya yang paling banyak presentasenya ya. 

Dalam membuat podcast, tentunya kamu akan menemukan season dan episode. Apa bedanya? Misalnya dalam topik podcast kamu tentang menanam cabai, perepisodenya mu berapa contohnya 5 epiode. Jadi, topik menanam cabai seasonnya ada 5 episode. Jadi setelah epiose berakhir, kamu boleh ganti atau bahkan gak ada season sama sekali. 
Dalam membuat podcast tentunya ada strukturnya 
Misal kamu ambil durasi 15 menit, maka dalam 15 menit itu kamu isi dengan 
Pembuka (1 menit)
Pembahasan topik (13 menit)
Penutup (1 menit)

Karena podcast itu seperti ngobrol asyik ya, jangan sampai banyak hal yang tidak perlu disampaikan ke pendengar, buatlah panduan skrip penuh atau pointer agar pembahasan tidak melebar.

Membuat Podcast Gratis di Anchor

Jika perencanaan podcast sudah jelas, maka saatnya memilih platform untuk membuat podcast. Ada banyak aplikasi untuk membuat podcast. Tapi, saya memilih memakai Anchor. Kenapa aplikasi Anchor? Karena mudah apalagi podcaster pemula. Dan lagi Anchor sudah di akusisi oleh Spotify, jadi secara tidak langsung podcast kita bakal muncul di Spotify.

Kamu bisa gunakan dua jalan, pertama anchor di hp atau di web. Dua-duanya sama aja. 

Kalau memutuskan menggunakan hp, cukup download Anchor di Google Play Store atau App Store pengguna Iphone.

Buka aplikasi - register - isi dengan  nama, email dan password. 

Klik sign up. Nanti akan ada notifikasi via email untuk verifikasi podcastnya. Tidak muncul verifikasi podcast? Coba log in di website https://anchor.fm

Setelah daftar dan berhasil di verifikasi, Selamat kamu sudah membuat Podcast di Anchor. Mudah bukan?

Selanjutnya kamu merekam podcast di anchor. 

Klik tools - record dan selamat mengoceh ria di podcast.



Setelah selesai direkam klik save/simpan
Bisa nambahin backsound? Bisa tinggal klik add backsound music. Bisa pilih backsound dsri anchor atau punya kamu sendiri.


Isi nama podcastnya apa misalnya. EPS 1 - JENIS-JENIS CABAI klik add recording to episode. Tunggu sampai prosesnya selesai.



Jadinya seperti ini. Apakah sudah? Lebih enak pakai intro dan outro. Kembangkan saja intronya ya. 


Yang akan saya contohkan adalah format intro  - pembahasan- outro. Klik Tools pilih intercludes - klik salah satu lagunya lalu tekan tombol plus


Klik add interclude to episode. Jika sudah klik x dipojok kiri atas. 

Hampir selesai nih. Tinggal tambahkan outro. Lho kok episodenya diatas? Jangan panik tinggal di geser aja mudah.


Untuk intro dan outro bebas boleh dimana mau di library, intercludes dan sound. Hampir selesai. Klik publish


Ini maksud season tadi ya. Episode title isi dengan judul episode, Description isi dengan penjelasan singkat episode yang dipublikasi season pilih 1 episode pilih 1. Dan enaknnya bisa dibuatkan schedule juga. Misalnya kita buat podcast buat hari minggu nah bisa dibuay podcast di hari kamis tinggal klik change this publish. 


Selesai membuat podcast perdana. Itu prosesnya memulai dan membuat podcast. Jika ada kebingungan langsung aja komentar aja ya. See you.

38 Responses to "Panduan Kilat Memulai dan Membuat Podcast Gratis Lengkap "

  1. Wah trend youtube mulai bergeser ya, jadi podcast, save ah, kapan2 mau coba praktek, tp suaraku cempreng 🤣 gimana donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik mbak hihi paling nanti belajar intonasi suara.

      Delete
  2. Nice to share mbak, penting banget buat aku yang belum pernah coba podcast nih, semoga bisa menerapkannya step by step ya.. pengen juga punya podcast deh akunya

    ReplyDelete
  3. Masih belum paham antara season dan episode. Kapan hari ikutan yang batch 1, semangat banget pas bikin podcast dan posting perdana. Habis itu bingung deh mau melanjutkan yang kayak apa lagi. :) Belum biasa aja kalik yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Season membatasi episode mbak dalam topik tertentu.

      Delete
  4. Waah..aku katrok seksli blom petnah cb bikin ini. Hm, terima kasih mba..jadi ada sedikit bayangan cara mbuatnya nih

    ReplyDelete
  5. Udah dong. Meski belum bisa rutin dan editingnya ga ada, hahaha... yg penting eksis dulu.

    Mampir yuk ke podcast saya di anchor.fm/diahdwiarti

    ReplyDelete
  6. Lengkap banget nih ka penjelasannya. Kalo aku udah siap bikin podcast mau mampir ke sini lagi untuk registernya

    ReplyDelete
  7. Itu bisa langsung ke podcast aplikasinya gtu kah mbak? Pengen sih coba coba ala punya rekaman gtu kayaknya asik hihi makasih sharenya mbak

    ReplyDelete
  8. Aku selalu berpikiran kalau bikin podcast tuh suaranya kudu merduu duluuu. Jadi, karena suaraku C banget alias cempreng, ngga pedee laah tentunya. Hahaha. Tapi aku suka dengerin podcast temen2. Asyik soalnyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya gitu mbak nanti dibahas lebih detail mengenai edit suara hihi Sama ada perangkatnya juga aku pakai taffware

      Delete
  9. Saua sudah bikin podcast, Mbak tapi gak ngerti penggunaan SEASON wkwkwk. Baru ngerti baca ini .. makasih yaa.

    ReplyDelete
  10. waaa terima kasih info dan sharingnya yaaa, kemaren ada beberapa temenku juga nih yang lagi pengen bikin podcast hhihi

    ReplyDelete
  11. Wah ini yang aku cari. Udah lama kepengen belajar podcast. Tapi gak tahu dimulai dari mana. Boleh-boleh deh ini tahap-tahapnya aku lakukan. Mulai install dari aplikasinya dulu ya.

    ReplyDelete
  12. Aku tertarik ni pengen bisa bikin podcast ni Mba. Makasih banget udah nulis ini ya. Aku save dulu pankapan bisa praktik deh hehe.

    ReplyDelete
  13. Sama an lho mba aku juga lagi ikut kelas podcast Siberkreasi ini tapi kemarin nggak nyetor tugasnya huhuhu

    ReplyDelete
  14. Wah, ternyata satu angkatan, ya. Aku juga ikut yang batch 2 ini. Cuma masih maju mundur bikin konsepnya. Beberapa kali dibatalin karena kayanya kurang bisa banyak riset nantinya. Tapi, pembelajaran ala siberkreasi emang nyenengin banget, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget mbak aku pun masih buka materi yang telah disampaikan mentor.

      Delete
  15. Sudah mencoba dan ternyata podcast ini seru juga mbak yaaaa.. Xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak hihi.Pas denger suara sendiri gimana mbak rasanya?

      Delete
  16. Serunya mencoba hal baru seperti Podcast ini.
    Semakin penasaran dan jadi beli pernak-pernik yang mendukung untuk menjadi podcaster.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak mic yang bagus dynamic Boya juga boleh

      Delete
  17. Alhamdulillah dapet tutorial gratisnya aku masih belajar juga nih mba soal podcast belum tau banyak.

    ReplyDelete
  18. Udah punya akun podcastnya tapi baru 1 aja yang diisi hehe. Padahal kali digeluti dengan rajin, dunia siaran dan cuap-cuap adalah dunia saya banget.

    ReplyDelete
  19. belum mulai sih, masih pingin saja

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih


data-full-width-responsive="true">