/

Apa Perbedaan Rapid Test,PCR,TCM Untuk Deteksi Covid-19?

Konten [Tampil]
Apa Perbedaan Rapid Test,PCR,TCM Untuk Deteksi Covid-19?


Apa Perbedaan Rapid Test,PCR,TCM Untuk Deteksi Covid-19?- Saat pandemi Covid-19 segalanya berubah benar tidak? Ya mulai dari aktivitas harus dilakukan dari rumah hingga kehidupan yang baru alias new normal. 

Apa Perbedaan Rapid Test,PCR,TCM Untuk Deteksi Covid-19?
Rapid test


Oh iya saat melihat berita tentang Covid-19. pemerintah telah memutuskan alat tes kesehatan khusus Covid-19 secara massal di Indonesia. Biasanya di berita selalu disebutkan Rapid test, Swab test. Kira-kira apa yah artinya?

Para pembaca juga belum tahu apa artinya Rapid test dan Swab test lalu bagaimana cara kerja testnya? Yuk simak penjelasannya.

Apa Perbedaan Rapid Test,PCR,TCM Untuk Deteksi Covid-19?
PCR Test Machine


Apa itu Rapid test?

Rapid test merupakan alat deteksi Covid-19 berupa wadah dan batangan yang digunakan untuk awal penyaringan secara massal untuk mendeteksi antibodi sepertti IgM(Imunuglobin M) dan IgG( Imunuglobin G). Rapid test sendiri bukan diagnosis tetapi proses screening berdasarkan keluhan klinis, resiko terpapar, dan sebagainya. Apakah semuanya harus di tes? Tidak semua diperiksa lo. Rapid test bukan diagnostik, pemeriksaan ini justru memutus mata rantai Covid-19.

Apa Itu PCR/Swab Test?

PCR (Polymerase Chain Reaction) merupakan alat uji covid-19 melalui swab/usapan tenggorok/Nasofaring. Metode Swab test menggunaan lendir sebagai sampelnya dari saluran pernapasan bawah sebagai pemeriksaan. Tes ini dilakukan dengan menyeka bagian hidung atau bagian belakang tenggorokan. 

Apa Itu TCM Test?

Metode TCM (tes cepat molekuler) adalah salah satu mesin alat uji covid-19 pemeriksaanya menggunakan dahak dengan amplikasi asam nukleat berbasis cartdrige. Metode cepat ini menggunakan cartridge khusus yang bisa mendeteksi virus corona. Hasil testnya dapat diketahui dalam waktu kurang dari dua jam. Dari ketiganya mungkin yang TCM lebih akurat dibandingkan rapid test. 

Perbedaan Rapid Test, Swab Test dan TCM Test 

Sekarang sudah tahukan apa itu rapid test, pcr dan tcm. Namun perbedaannya apa ya? Biar tidak gagal paham perbedaan Rapid Test, PCR dan TCM berikut penjelasannya.

1. Sampel

  • Rapid Test yang digunakan di indonesia saat ini menggunakan sampel darah. 
  • Swab Test menggunakan cairan atau lendir yang ada di hidung maupun dibagian belakang tenggorokan. 
  • TCM menggunakan dahak sebagai sampel uji test covid-19.

2. Cara kerja

  • Rapid test: Mendeteksi imunuglobin dalam darah. Imunuglobin adalah  salah satu jenis antibodi. Antibodi akan terbentuk ketika mengalami infeksi virus,bakteri, kuman atau semacam benda asing yang masuk tubuh jadi tubuh pun akan melakukan pertahanan.  Karena menggunakan sampel darah. jadi dipastikan melihat reaksi antara antibodi dan virus apabila ada reaksi maka terkena paparan Covid-19.
  • Swab test/PCR: Pengambilan lendir dimasukkan ke ujung alat PCR sehingga lendir menyerap. Jadi bentuknya itu seperti cotton bud dengan ukurannya yang jauh lebih panjang dari cotton bud yang biasa jumpa. Setelah diambil lendirnya lalu dimasukkan ke tabung khusus untuk segera di diagnosa. PCR test sendiri ditentukan oleh CT (Cycle Threshold).
  • TCM: Setelah mendapatkan sampel lendir, maka akan diperiksa menggunakan alat PCR. Cara kerjanya mendeteksi virus dalam RNA 
Apa Perbedaan Rapid Test,PCR,TCM Untuk Deteksi Covid-19?
TCM Machine

3. Hasil test

  • Rapid Test: Untuk mendapatkan hasil metode rapid test, tidak dibutuhkan waktu lama. Biasanya berkisar antara 10-15 menit. 
  • Swab Test: Biasanya hasil dari Swab test agak lebih lama dibandingkan Eapid Test kurang lebih 2 jam untuk mendapatkan hasilnya. Apakah orang yang di tes itu terpapar virus corona atau tidak nantinya akan ketahuan hasilnya. 
  • TCM: Menggunakan mesin TCM untuk mengetahui hasilnya membutuhkan waktu 2 jam apakah pasien terpapar covid-19 atau tidak. 


Dimana Cara Daftar  Test Covid-19 Secara Online?

Untuk masalah test, banyak yang beredar tapi harus disertai persetujuan langsung dari pemerintah. Pemerintah sebenarnya sudah memberikan mandat kepada salah satu aplikasi untuk memenuhi kebutuhan test covid-19 yaitu Halodoc. 

Halodoc merupakan salah satu aplikasi online yang menurut saya cukup lengkap dalam permasalahan  dan solusi kesehatan. Menyajikan informasi yang bemanfaat. Di halodoc sendiri bagi kamu di daerah Jakarta yang ingin covid test jakarta tidak perlu repot-repot untuk  daftar di tempat. Cukup kamu gunakan aplikasi Halodoc. Nanti bakalan ada pilihan Rumah Sakit di daerah sekitar Jakarta Mudahkan?

Nah mungkin itu saja informasi seputar Perbedaan Rapid Test,PCR,TCM Untuk Deteksi Covid-19 semoga bermanfaat ya, Stay Home Safe Live. 




54 Responses to "Apa Perbedaan Rapid Test,PCR,TCM Untuk Deteksi Covid-19?"

  1. Menarik. Kebetulan di Surabaya juga ada Halodoc bermitra dengan RS Mitra Keluarga. Jadinya kita bisa rapid test terencana, bisa pilih jamnya juga, mau pagi atau siang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak bisa mengatur jadwal sesuai keinginan.

      Delete
    2. Just FYI, mbak, kalo mau cari di halodoc bisa cek jadwal senin-sabtu. Update terus. Kalo minggu mereka kosong ga ada jadwal dan bakal update lagi jadwalnya minggu malam :D

      Delete
  2. Membayangkan alat testnya masuk ke hidung paling dalam saja rasanya sudah ngeri apalagi kalau alat itu harus benar-benar masuk hidung saya. Kayaknya saya lebih memilih engga ikut tes itu deh. Tapi tulisannya informatif sekali kak... mungkin utk referensi bagi siapa aja yg mau ikut

    ReplyDelete
  3. Wah informatif sekali jadi tau bedanya rapid test, swab dan pcr..ternyata beda test beda tujuan ya..jd emang test nya hrs disesuaikan digunakan untuk keperluan apa

    ReplyDelete
  4. Sepupu saya pas tes SWAB dia bilang berasa mau muntah Mbak Ade...krn alatnya panjang gitu dimasukin ke tenggorokannya. Tp demi kesehatan ya hrs dijalani ya

    ReplyDelete
  5. Perbedaan harga untuk setiap tes nya bagaimana Kakak?

    ReplyDelete
  6. Alat tes masuk idung itu. Rasanya gmna gitu ya Kak.

    Membayangkan saja sudah bikin ngeri. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga menjga pola hidup dan protokol kesehatan mas.

      Delete
  7. Lihat beberapa tayangan orang melakukan swab Test di iG jadi ngeri banget. Kalau di Jakarta mitra Halodoc tentu banyak ya mbak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya Mbak. Boleh cek ke Halodoc langsung melalui aplikasi mbak.

      Delete
  8. Selana ini baru tahu 2 aja, rapid test dan swab test. TCM ini baru denger. Hasilnya juga cepat ya, dalam 2 jam bisa langsung keluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TCM biasanya untuk pengidap penyakit TBC.

      Delete
  9. Ini nih yang sebenernya kemarin dicari untuk adikku yg harus balik pondok dan harus sudah rapid test. Hehege

    ReplyDelete
  10. Belum selesai ngetik keenter. Hihi

    Ternyata ada aplikasi seperti ini yang memudahkan kita bisa rapid test dengan praktis dan mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak memudahkan banget semua orang.

      Delete
  11. Jadi tau dengan jelas bedanya ya kak. Eh karena test TCM lebih akurat, harganya juga semakin mahal kan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya harganya lebih ekslusif mbak.

      Delete
  12. Aku jadi tahu bedanya. Well, pasti harganya berbeda untuk masing2

    ReplyDelete
  13. Makasih infonya. Maklum saya suka bingung karena banyak skali istilah. Dah dijelaskan gini pun ga hapal juga kadang haha

    ReplyDelete
  14. Nice info gan, sekarang jadi paham ternyata rapid test, swab tes, dan pcr beda yaa..

    ReplyDelete
  15. Ternyata setelah Swab tes masih ada tes lainnya untuk menyatakan positif atau negatif ya. Panjang juga proses deteksinya. Tak heran jika jumlah antrian tes cukup panjang.

    ReplyDelete
  16. Rapid berarti kurang memadai y kak..
    Rata2 tcm ini yg digunakan di RS skrg kak? Tes2 di pasar bagusnya juga ini aja ya

    ReplyDelete
  17. hari ini aku bakal melaksanakan rapid test di kantor
    degdegan tau
    semoga saja non reaktif
    doakan ya

    ReplyDelete
  18. Surabaya udah zona hitam.. Perlukah aku rapid biar makin tenang..

    Tapi belum rapid aja udah was was loh akuu.. Baiknya ke halodoc dlu yaa buat tes kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Rin lebih baik tanya-tanya dulu.

      Delete
  19. Pada kenyataannya untuk swab test lama ya Mbak karena banyak yang ngantre untuk itu. Atau apakah karena manajemennya yang kurang bagus ya? Soalnya sampai 2 pekanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masalah manaje kurang tahu mbak. Soalnya menunggu hasil juga dan alatnya juga mbak.

      Delete
  20. Woo... aku pikir rapid test sama swab itu sama. ternyata beda ya.

    ReplyDelete
  21. sejauh ini baru tau rapid test dan swab test aja. ternyata ada TCM juga ya dan hasilnya lebih akurat.. makaciw sharingnya kak.. 😊

    ReplyDelete
  22. Terpikir untuk test untuk sekadar rapid test? kalau aku kok masih worry ya, kak...
    Kalau hasil rapid test nya reaktif, belum tau nih siap mental untuk menerimanya atau enggak... apalagi nanti lanjut swab test, hehehe worry...
    Artikelnya jelas sekali kak, terima kasih...

    ReplyDelete
  23. Terima kasih infonya mba.. Saya jadi lebih tahu ttg ketiganya. Oya, disebutkan bahwa rata2 hasil sekitar 2 jam (kec rapid rest yg lebih cepat) tapi kenapa sering terdengar berita bahwa hasil swab sampai 3 hari-an ya??

    ReplyDelete
  24. banyak yang nggak mau ikut test pendeteksi covid ini soalnya takut dengan alat2nya kak. apalagi alat yang dimasukkan ke hidung itu. baru baca aja udah ikutan pengar hidung sya.. hehehe

    ReplyDelete
  25. Banyak pilihan yang disediakan untuk tes terpapar tidaknya oleh covid 19 ya. Applikasi Halodoc membantu banget untuk mendapatkan informasi terkait yg diperlukan, tinggal nyiapin dananya.

    ReplyDelete
  26. kalau rapid tes kayaknya belum efektif deh yah mending langsung swab sama TCM karena rekannya teman kantor pake rapid hasilnya ga sesuai

    ReplyDelete
  27. Mestinya yang paling valid menggunakan TCM yaa..
    Tapi melalui Halodoc, tes Covid menjadi semakin simple dan memudahkan.
    Untuk masalah biaya sendiri di kisaran berapakah untuk maisng-masing tes?

    ReplyDelete
  28. It’s good to know the differences between all of these tests. I have done the rapid test so far

    ReplyDelete
  29. Semula, aku kira swab test hanya dari luar atau bagian tengah tapi ternyata sampai dalam. Agak ngeri tapi memang yang paling jelas hasilnya ya swab test daripada rapid.

    ReplyDelete
  30. paling bikin horor emang swab ya, mbak. tapi terbilang paling efektif karena langsung terlihat, cuma jadinya lama itu loh ya..

    ReplyDelete
  31. akupun kemarin pake mba aplikasi halodoc ini, memudahkan banget bagi kita yang gak mau berlama-lama di RS, tinggal jian waktu dan harinya, hasilnyapun gak usah tunggu disana..

    ReplyDelete
  32. Kemarin kami rapid test hasilnya 1 hari kemudian kak.. btw baru tau juga tentang TCM kirain cuman rapid sama swab test aja..rupanya TCM lebih akurat.. TFS kak

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


data-full-width-responsive="true">

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel