/ -->

Inilah 17 Hal Penting yang Sering di Lupakan Para Blogger

Konten [Tampil]
Inilah 17 Hal Penting yang Sering di Lupakan Para Blogger

Inilah 17 Hal Penting yang Sering di Lupakan Para Blogger - Menjadi seorang Blogger pasti ada suka dukanya bukan. Blogger itu manusia biasa kadang suka ada hal yang sering dilupakan saat membuat postingan maupun hal teknis tentang blog. Hal itu pun dialami oleh Linimasaade sendiri.

Sebelum memutuskan membuat blog, masih buta dengan dunia blog apalagi masalah seo dan istilah-istilahnya masih awam banget. Karena Linimasaade adalah tipe orang yang mau belajar, maka dititik ini sedikit demi sedikit istilah-istilah blog sudah paham. Baiklah kembali ke pembahasan.

Disini Linimasaade akan memaparkan 17 hal penting yang dilupakan oleh Blogger khusus pemula saja termasuk Linimasaade yang masih newbie dari dulu. Beberapa postingan sebelumnya Linimasaade telah menulis dasar banget apa itu blog bagaimana sejarahnya. Boleh di cek dibagian kategori Blogging. Readers, dari 17 hal ini, nomor berapa yang sering kalian lupakan? Dirangkum berdasarkan pengalaman pribadi serta konten lain.

1. Daftar blog di webmaster

Dulu saat masih newbie banget, belum tahu apa itu webmaster ternyata bahasa mudahnya webmaster itu ibaratkan dapurnya blog. Segala sesuatu bisa ''racik" misalnya dari mengklaim kepemilikan blog menggunakan meta tag ataupun mensubmit artikel yang sudah di posting ke sitemap agar mudah ke index Google. Pastikan jangan lupa untuk mendaftarkan blog di webmaster, baik itu di Google, Bing, maupun yandex.

2. Gunakan Google Analytic

Hampir saja melupakan yang satu ini. Ternyata sering dilupakan juga. Awalnya saya mengira 'tidak penting' menggunakan Google Analytic, ternyata membantu untuk menganalisis visitor yang masuk ke blog, artikel apa saja yang mereka cari. Menurutku kebantu banget. Walaupun awal-awal kewalahan karena banyaknya menu serta kurang pahamnya cara kerja Google Analytic.

3. Artikel Original

Paling tidak suka artikelnya asal copas dari artikel lain. Akibatnya artikel bisa dianggap spam karena hampir sama dengan artikel lain. Para Blogger pemula harap jangan main copas. Pastikan artikelnya unique.

4. Mobile dan User Friendly

Suka betah tidak kalau membaca artikel tapi tampilannya masih menggunakan via browser atau desktop bukan versi mobile. Nah ini biasanya blog yang masih menggunakan template blog yang lama belum di update menjadi mobile friendly sehingga ketika sudah mobile friendly, maka visitor pun akan betah apalagi dengan warna yang kontras yang tidak bikin sakit mata.

5. Maintance Blog

Kalau nomor ini kesindir, karena tidak tiap hari maintance Blog. Hal ini juga sering dilupakan, karena maintance itu butuh waktu lama sehingga waktu dunia nyata dan dunia Maya tidak termanage rapi. Sepertinya hal ini penting seperti mengecek broken link. Jika readers adalah penulis blog yang original dan ingin mencegah para copaser, sebaiknya menggunakan anti copas nanti Linimasaade akan bahas diartikel selanjutnya. Khusus pengguna Blogger karena kebetulan setia dengan Blogger.

6. SEO

Content is king and seo is Queen. Menurutku seo dan konten tidak bisa dipisahkan. Karena jasa SEO lah artikel bisa page one seo bagiku seni meminang Google. Meskipun kehadirannya kadang dilupakan pemula, tapi perannya sangat penting banget. Cung yang setuju?

7. Blog Walking

Kata siapa blog walking tidak penting, bagiku penting karena seringnya BW dapat meningkatkan da pa serius. Selain itu, bisa mendapatkan relasi sesama blogger.

8. Penamaan di alt image

Kalau pengguna Blogger, letak alt image berada di image jika kita klik maka ada opsi dibagian properti. Kenapa sering dilupakan? Karena tersembunyi. Maka dari itu, yuk setiap ada gambar di blog jangan lupa pasang alt image nya.

9. Mengatur jadwal posting

Hal ini paling atau tidak pernah dilakukan. Sepertinya harus dilakukan agar jadwal posting terjadwal. Adakah yang suka melakukannya poin ini?

10. Mengabaikan pemula /newbie

Ya, ini kedengarannya aneh, tapi percayalah disetiap forum/grup Facebook banyak sekali newbie yang bertanya tapi jarang sekali para suhu blog menjawab. Mungkin itu adalah hal sepele tapi berbekas bagi newbie. Sebaiknya menjawab selagi bisa.

11. Terlalu fokus ganti template

Kalau dibilang 'gue banget' . Dulu saking asyiknya Gonta-ganti template pada akhirnya buruk banget bagi blog. Kena imbas juga Adsense saya di nonaktifkan. Sekarang sedang melobi Adsense agar situs ini di tampilkan kembali iklannya. Paling tidak pilih salah satu templ yang menggambarkan situs kamu readers. 

12. Sering scroll forum atau socmed

Memang menyenangkan untuk scrolling berselancar di internet ujung-ujungnya kemana dan tidak ada titik temu untuk permasalahan blog. 

13. Lupa tujuan ngeblog

Kadang kalau lagi malas suka lupa dengan tujuan ngeblog.

14. Permalink

Maksimalkan permalink. Permalink sangat membantu sekali dalam pencarian di Google. Misalnya judul artikel Cara cepat memutihkan wajah secara alami hanya 5 menit. Untuk permalink fokus pada keyword misalnya www.xxx.com/14/04/2019/cara-memutihkan-wajah-alami . Permalink seperti itu cukup karena membantu perayapan Google mudah. Tidak percaya? Silahkan cek situs lain dan buktikan sendiri.

15. Lupa kasih kategori/label

Kadang suka lupa untuk memberikan kategori pada artikel yang sudah di buat. Pada akhirnya di cek lagi. 

16. Konsisten 

Tidak ada yang sulit dalam blog kecuali konsisten. Memang konsisten itu butuh proses karena mungkin saya diantara readers ada naik turunnya. 

17. Silahkan isi sendiri


Nah itulah setidaknya 17 hal yang sering dilupakan para blogger berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi siap itu tidak lupa?

29 Responses to "Inilah 17 Hal Penting yang Sering di Lupakan Para Blogger "

  1. Wah ternyata kasih ada yg ke skip juga, saya nomer 1,2 dan 8 blm mraktekin malah.. Thanks for sharing linimasaade

    ReplyDelete
  2. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat sis ^_^

    ReplyDelete
  3. Aku lupa melulu mau hapus-hapusin broken links. Lebih sering ke males ini sih jadi dilupa-lupain hahaha

    ReplyDelete
  4. Nah..aku no 1 malah belum ..no 2 sudah tapi blm pinter bacanya .hehe.. TFS mba..

    ReplyDelete
  5. Mbak terima kasih pengingatnya jadi 'sadar' lagi hahaha. selama ini terlalu fokus sama ganti template meluluu, bahkan yg no.1 baru banget dilakukan kemaren2....

    ReplyDelete
  6. Ya ampun.. baru beberapa yang udah aku lakuin.. selebihnya belum.. emang belum pantas nih disebut sebagai blogger sejati.. masih banyak yang belum dijalankan.. nice sharing mbak.. jadi memotivasi diri untuk lebih baik lagi

    ReplyDelete
  7. Ahaha, iyaa bener banget tuh, banyak hal yang enggak diperhatikan karena fokus pada posting. Makasih ya mba sudah diingatkan

    ReplyDelete
  8. 17 silakan isi sendiri wkwkwk.kalo kata aku blogger juga perlu update dan upgrade ilmu seputar dunia blogging dan medsos, atau upgrade diri dengan ikut kompetisi blog

    ReplyDelete
  9. No.2 sama no.6 saya itu belum begitu mengerti musti banyak belajar nih sama pakarnya SEO

    ReplyDelete
  10. Saya dong, baru ganti template, gara-garanya sering main kode HMTL, akhirnya banyak yang error di mata SEO hahaha

    GAra-gara itu, blog jadi seolah mulaidari bawah lagi ngos-ngosan.
    Dan parahnya, saya baru sadar kemaren ternyata adsense ikutan kehapus atau gimanaaa gitu.

    Akhirnya ubek-ubek lagi, Alhamdulillah bisa kembali iklannya.

    Kalau menurut saya yang paling sulit itu konsisten.
    Banyak banget orang yang hebat dalam ngeblog sayang jadi jarang update :)

    ReplyDelete
  11. Saya juga kadang mentingin template jadi fokus ngisi konten blog nya terbagi. Permasalahan blog lainnya adalah belum punya jadwal rutin naikin tulisan. Tapi pasti ada tulisan yg tayang alhamdulillahnya. Salam kenal ya mba

    ReplyDelete
  12. Aku belum daftar webmaster sama Google Analytic nih Mba. makanya belum maksimal blognya heheheh. Abis baca ini langsung kepikiran mau daftar 2 hal itu hehehe. Makasih Mba sudah diingatkan hehe

    ReplyDelete
  13. Oh iya, aku izin share ya Mba tulisannya di Twitter ku. Biar gampang dicari juga kalo mau baca lagi. Terima kasih ya

    ReplyDelete
  14. Ga usah deh blogger pemula, yang udah beberapa tahun ngeblog aja suka ga aware soal SEO. Siapa tuh? *ngacung tinggi2 :)) Habis gimana yaaa... sukanya nulis aja sih, yang lain2 suka udah pusing duluan untuk memikirkannya. Yang penting keyword aja disebut beberapa kali di postingan.

    ReplyDelete
  15. wah, nomor 1nya malah belum dikerjain. hahah
    baiklah, aku akan belajar lagi soal webmaster.
    thanks for sharing ya...

    ReplyDelete
  16. Banyak yang sudah aku lakukan sih mba dari liat di atas, tapi pastinya memang harus sering dicek again and again. Satu lagi mba.. tidak mengecek typo atau kalimat yang terpotong atau tidak jalan! Saya suka alpa juga.. tapi biasanya lgs aku koreksi. Ayooo.. sudah dicek lagi belum mbaaa hehehe

    ReplyDelete
  17. Kayaknya yang gak pernah saya lakukan adalah membuat jadwal. Mengisi blognya masih sesukanya. Tapi, diusahakan setiap bulan ada postingan

    ReplyDelete
  18. Terima kasih sudah diingatkan mbak. Masih banyak point yang belum saya terapin nih seperti melampirkan alt image dan lupa kasih label. Maintenance blog juga jarang huhu so noted banget nih artikelnya.

    ReplyDelete
  19. Ya ampun ternyata lumayan banyak point yang terlupakan olehku hahaha

    Bagian maintenance aku pun merasa tersindir sih, bisa posting seminggu sekali aja udah berasa keren banget. Lemah banget akutu hahaha

    ReplyDelete
  20. Jadi banyak diingatkan nih. Maintenance aku belum nih sama ngurusi SEO duh banyak peer banget nih..

    ReplyDelete
  21. Aku kadang lupa pasang alt image ini. Soalnya sering lupa.

    ReplyDelete
  22. masih terus belajar SEO dan belum bisa rutin posting juga, padahal sudah bikin jadwal posting tiap senin-jumat di jam 7, eh lha kok jam segitu artikelnya belum siap :)))

    ReplyDelete
  23. Konten ini uda sering dipikirkan.
    Asa tiap yang dilalui, pinginnya ditulis dan dibagikan di blog.
    Tapi pernah kepikiran juga..kalo gak pnting-penting amat, nanti nilai blognya bakalan jadi jelek, gak kak...?

    ReplyDelete
  24. Nah salah satu senengnya blogwalking gini diingatkan HAL hal yang terkadang kita lupa. Makasih banget mba bergizi

    ReplyDelete
  25. Wah, aku kalo dilist begini, akan lebih dari 17 deh yang sering terabaikan. Dan dari list di atas, nomor 1, 6, 8, 9, 16 yang sering abai. HUhuhu... PR banget. :D

    ReplyDelete
  26. 9 dan 12 aku banget, hiks. Nomor 1 aku lupa udah daftar belum huaa terus gimana dong? Daftar ulang kah? Lainnya sudah kujalankan

    ReplyDelete
  27. Aku seringnya kelewatan ngasih alt image.. Padahal biasanya sebelum posting udah diinget-inget, eh tapi tetep aja seringnya kelewatan, hehehe

    ReplyDelete
  28. sangat mencerahkan kak informasinya buat saya yang masih pemula dan masih belajar ngeblog ini, jadi lebih paham nih mengenai blogger biar blog bisa banyak visitor nya, mohon ijin untuk saya praktekkan ya kak informasinya makasih

    ReplyDelete
  29. Duh aku belum. Daftar di Web Master mba, caranya gimana yah, btw baca ini jadi tau kesalahan blogging yang gak disadari. Makaish mba 😊

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^